Berani Bahasa Inggris Walaupun Masih Berantakan

Kalau kita sedang terpaksa berbahasa inggris misalnya tersesat di London, wah jauh sekali ya? hehe.. dan waktu itu bahasa inggris kita betul-betul masih kacau sekali maka sudah jelas kita akan memakai bahasa inggris gado-gado, ya campur dengan bahasa tarzan, bahasa tubuh dan lain-lainnya. Tak tertutup kemungkinan pula kita mencampur adukkan bahasa inggris dengan bahasa jawa atau bahasa madura walaupun jelas tidak banyak orang sana yang mengerti. Biar saja lah, hehe…

Kalau sedang terpaksa maka bahasa apa saja boleh kita gunakan kawan, tak perduli benar atau salah yang penting dapat bertahan hidup di negeri orang. Dan jika tersesat di keramaian kota tersebut berlangsung selama 3 bulan dimana tidak ada orang berbahasa Indonesia, maka hampir dapat dipastikan bahasa inggris kita akan terpaksa menjadi lancar. Menurut Anda bagaimana?.

Nah jika hal itu bisa kita terapkan dalam proses belajar bersama-sama bahasa inggris ini, misalnya dalam komunitas yang kita bentuk, dimana setiap orang menganggap teman prakteknya tidak bisa bahasa indonesia, maka kita akan berusaha sekeras-kerasnya untuk bisa bahasa inggris ini. Kalo udah mentok-mentok banget bolehlah campur bahasa inggris Anda dengan bahasa kita. Yang mana yang belum bisa bahasa inggris ya pake Indonesia lah. Tetapi harus segera pula kita menggantikan bagian gado-gado tadi dengan bahasa inggris, caranya tentu dengan senjata seperti kamus bahasa inggris, banyak bertanya dan sebagainya.

Jika komunitas belajar yang kita bentuk semuanya berani menggunakan strategi bahasa inggris gado-gado ini, artinya tidak ada istilah berhenti atau sungkan walaupun baru bisa sedikit, maka anggota komunitas itu akan sangat cepat menjadi terbiasa dengan bahasa inggris, dan akhirnya bisa. Kata pepatah kan ini: bisa karena biasa. Begitu pula dengan bahasa inggris ini.

Nah, jika sudah siap maka Bentuklah Kelompok Belajar Bahasa Inggris Anda Sendiri dan pakailah jurus gado-gado ini. Kan asik tuh, belajar lebih santai dan hasilnya bisa cepat, sebab bahasa inggris tak mungkin cepat lancar kalo ngga dipraktekin. Right?.

Kalau ingin belajar speaking dan menulis bahasa inggris, baca aja disini : English Communication for Indonesians Society.

This entry was posted in Berani Bahasa Inggris Walaupun Masih Berantakan and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s